5 Bisnis Budidaya Ikan Yang Terbukti Menghasilkan Uang Di Tahun 2020

Ditengah pandemi seperti saat sekarang ini mungkin akan sangat berdampak kurang baik pada sektor perekonomian. Pemutusan kontrak hubungan kerja terjadi hampir disetiap industri dan perusahaan lainnya baik itu yang bersekala kecil maupun besar. Hal tersebut tentu saja menyebabkan tingkat pengangguran yang semakin besar. Untuk bisa bertahan dalam krisis seperti saat ini maka berwirausaha adalah salah satu jalan terbaik agar tetap bisa menyambung kehidupan.

Banyak beragam bisnis yang bisa Anda coba dan tentunya menghasilkan diantaranya adalah Budidaya. Berikut adalah 5 bisnis budidaya ikan yang terbukti menghasilkan di tahun 2020 yang bisa Anda coba.


1. Budidaya Ikan Lele



Lele adalah salah satu makanan lezat yang sangat digemari oleh banyak orang terutama orang Indonesia. Selain kaya dengan protein harga ikan lele juga sangat terjangkau di pasaran. Anda akan menemukan penjual makanan pecel lele hampir disetiap jalanan yang Anda lalaui. Hal ini membktikan bahwa tingkat komsumsi ikan lele sangatlah tinggi.

Jika Anda ingin menghasilkan uang maka tidak ada salahnya Anda mencoba mengembangkan budidaya ikan lele. Tidak perlu waktu lama untuk memperoleh hasil budidaya dari ikan lele. Pasalnya pertumbuhan ikan lele sangatlah cepat. Segala jenis ukuran ikan lele memiliki harga tersendiri. Anda bisa memilih dari mana Anda memulai serta sebesar apa ikan lele akan Anda jual. Anda bisa menetaskan, membesarkan, atau menjual ikan yang konsumsi yang siap di pasarkan.


2. Budidaya Ikan Gurame



Tidak jauh seperti ikan lele, ikan gurame juga merupakan ikan yang sangat digemari oleh setiap orang. Rasanya sangat lezat namun harga per kilogramnya bisa tiga kali lipat dari ikan lele. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembesarannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun jangan khawatir, meskipun demikian ikan gurame juga mempunyai nilai tersendiri tergantung dari ukuruannya.

Bila anda ingin mencoba bisnis budidaya, tidak ada salahnya Anda coba membudidayakan ikan gurame. Anda bisa membeli telur kepada petani, menetaskannya dan membesarkannya sampai ukuran yang Anda inginkan. Umumnya jika ingin menhasilkan uang dalam kurun waktu kurang dari dua bulan, maka Anda perlu membesarkannya hingga seukuran silet atau jempol kuku Anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan.


3. Budidaya Ikan Hias



Penggemar ikan hias semakin hari semakin bertambah. Keinndahan ikan hias sangat mempesona dalam menghiasi rumah - rumah para pemiliknya. Ikan hias sangat beragam mulai dari yang harganya ribuan hingga jutaan rupiah. Jika anda ingin mencoba bisnis ini Anda bisa mulai dari rumah Anda. cukup sediakan aquarium sederhana dari kaca maka Anda sudah bisa memulai bisnis membudidayakan ikan hias.

Ikan hias bisa Anda jual secara online atau ofline. Tidak perlu khawatir karena ikan hias sangat banyak dicari oleh para pecinta ikan hias. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengembangkan bisnis ikan hias dengan cara membuka toko aquarium yang dapat dimulai dari rumah Anda. Sangat sederhana, jika Anda menata rapih ikan hias tersebut di luaran rumah Anda maka orang lain akan berdatangan kerumah Anda untuk melihat - lihat keindahan ikan hias tersebut dan mulai ada ketertarikan untuk membelinya.


4. Budidaya Ikan Cupang



Ikan cupang merupakan ikan singa yang memiliki ukuran cukup kecil namun memiliki keberanian layaknya singa. Ikan ini merupakan ikan jenis adu. Selain ganas ikan cupang juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Ada beberapa jenis ikan cupang diantaranya adalah ikan cupang jenis bagan yang biasa di adu serta ikan cupang jenis serit yang memiliki keindahan luar biasa.

Harga ikan cupang tergolong cukup mahal. Ikan yang hanya ukuran sebesar kelingking bisa mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah. Untuk membudidayakan ikan ini tidak perlu banyak ruang. cukup dengan tempat seukuran toples saja Anda sudah bisa membudidayakannya. Hanya saja dalam penyimpanannya Anda perlu memisahkan ikan - ikan tersebut. Jika tidak maka ikan tersebut akan terus beradu hingga akhirnya keindahan sirip -sirip ikan tersebut akan rusak.


5. Budidaya Lobster Air Tawar




Lobster merupakan udang besar yang sangat lezat. Makanan ini bisa dibilang merupakan makanan yang cukup mewah. Jika sudah dikategorikan mewah maka harganyapun sudah berada diatas rata - rata ikan konsumsi biasa. Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang cepat kaya maka salah satunya Anda bisa mencoba budidaya lobster air tawar. Namun untuk memulai bisnis ini Anda harus benar - benar siap dana karena modal yang diperlukan juga cukup besar.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dirumah Anda dengan tempat dan bibit seadanya. Jika anda sudah benar - benar mahir serta memahami cara - cara budidayanya maka Anda bisa memulai usaha ini bersama para ahlinya. Dengan cara bekerja sama maka Anda akan meminimalisi risiko yang akan bisa saja terjadi dikemudian hari.

Nah itulah 5 jenis budidaya ikan yang terbukti menghasilkan di tahun 2020. Jika ada ketertarikan silahkan Anda coba bisnis budidaya seperti yang disebutkan diatas. Jangan lupa untuk kunjungi terus blog centradiginiaga.site untuk mendapatkan artikel terbaru menarik lainnya.

Lebih baru Lebih lama